UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA SMP NEGERI 29 MEDAN

LATIPA HANIM HARAHAP

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa secara individu pada tiap siklus yang diterapkan dengan menerapkan Model Pembelajaran  Picture and picture pada kegiatan belajar mengajar. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah  siswa kelas Kelas VII-4 SMP Negeri 29 Medan dengan jumlah 33  orang. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain menulis/membaca (31%), Mengungkap pendapat (43%), bertanya sesama teman (13%),   bertanya kepada guru (10%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain menulis/membaca (15%), mengungkap pendapat (69%), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (0%).   Hasil belajar siswa dengan  menerapkan Model Pembelajaran Picture and picture mengalami peningkatan, Hasil Pembelajaran pada siklus I menunjukkan 28 orang tuntas individu dan tuntas kelas sebesar 85% dan 37 orang tuntas individu dan 98% tuntas kelas. Dengan rata-rata siklus I dan II masing-masing 75 dan  85. Berarti siklus II tuntas sesuai dengan KKM PKn dengan ketuntasan klasikal 98% atau lebih besar dari 85%.

 

Kata Kunci : Model Picture and Picture, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v2i1.1742

Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 LATIPA HANIM HARAHAP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.