PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN VCD DALAM MEMPERBAIKI AKTIVITAS BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS IX-1 SMPN 1 PATUMBAK
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa antara lain: hasil belajar siswa, keterampilan psikomotorik siswa, dan aktivitas siswa saat bekerja dalam kelompok dikelas pada mata pelajaran Seni budaya dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di kelas IX-1 SMPN 1 Patumbak. Subjek penelitian ini diambil di kelas IX-1 SMPN 1 Patumbak dengan jumlah siswa 32 orang. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 22,1 hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata siswa jarang membaca buku sebelum pembelajaran disekolah. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar Postes I dan Postes II hasilnya masing-masing menunjukkan 78,1 dan 89,6. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada Siklus II. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain membaca (39%), bekerja (30% ), bertanya sesama teman (14%), bertanya kepada guru (12%), dan yang tidak relevan dengan KBM (5%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain membaca (22%), bekerja (40%), bertanya sesama teman (18%), bertanya kepada guru (18%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2%). Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT selama KBM siswa sangat senang, sangat antusias, dan peneliti/guru sebelum berkelompok perlu dijelaskan tujuan berkelompok agar siswa mengerti tugasnya masing-masing.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), VCD, Aktivitas.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v2i1.1743
Article Metrics
Abstract view : 194 timesPDF - 116 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 DIANA MANURUNG
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.