KEGIATAN MENGGUNTING DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NASRANI 2 MEDAN T.P 2013/2014

DORISMA SIANTURI

Abstract


Perkembangan motorik anak sangat diperlukan. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan motorik halus yaitu dengan melakukan kegiatan menggunting. Permasalahan pada penelitian ini adalah :1) motorik halus anak masih rendah ditandai dengan: belum bisa memegang pensil dengan benar, dan belum mampu meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran belum rapi, belum mampu menggunting bentuk gambar sederhana dengan rapi 2) guru cenderung mengajarkan anak pada kemampan kognitif saja, 3)kurangnya sarana dan prasarana, 4) penggunaan metode yang kurang tepat dalam melakukan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menggunting di TK Nasrani 2 Medan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 orang anak. Proses penelitian dilakukan melalui 2 siklus. Pengumpulan data  menggunakan lembar observasi.

Hasil observasi dan refleksi pada siklus I setelah melaksanakan kegiatan menggunting dalam proses pembelajaran maka diketahui bahwa peningkatan motorik halus anak yaitu: dari 20 anak, 4 orang anak  (20%) yang memiliki motorik halus pada kriteria baik sekali, 5 orang anak (25%) yang memiliki  motorik halus pada kriteria baik sementara 11 orang anak (55%) masih pada kriteria cukup baik. Nilai rata-rata motorik halus anak yaitu 64,47.Dari hasil observasi tersebut dapat diketahui bahwa perlu dilakukan pembelajaran melalui kegiatan menggunting yang lebih baik pada siklus II. Pada siklus II setelah dilakukan perbaikan cara penyampaian pembelajaran dalam kegiatan menggunting,  maka diketahui bahwa peningkatan motorik halus anak meningkat yaitu  pada kriteria baik sekali ada 15 orang anak (75%) dan 5 orang anak lagi (25%) pada kriteria baik.

 

Kata Kunci : Kegiatan Menggunting, Motorik Halus


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v2i2.2042

Article Metrics

Abstract view : 1223 times
PDF - 405 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 DORISMA SIANTURI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.