PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS VI SD NEGERI 105293
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VI SD Negeri 105293 Medan Estate Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 105293 Medan Estate Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Melalui penerapan Model Pembelajaran NHT terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siswa tiap siklusnya. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan klasikal 31,03% dengan rata-rata 76,2 dan belum tuntas secara klasikal dan pada siklus II sebesar 92,30 % dengan rata-rata 86,2 menunjukkan tuntas secara individu dan kelas. Dengan demikian model NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pelestarian makhluk hidup di kelas VI SD Negeri 105293 Tahun Pelajaran 2014/2015 .
Kata Kunci : Model Pembelajaran NHT, Hasil Belajar Siswa, IPA Terpadu
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i2.2158
Article Metrics
Abstract view : 324 timesPDF - 138 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Derliani Tanjung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.