MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN PADA SISWA KELAS IX-2 SMP NEGERI 8 KOTA TEBING TINGGI
Abstract
Tujuan dari perbaikan pembelajaran ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran dengan medel bertukar pasangan dan menganalisa dampak yang ditimbulkan terhadap hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument observasi dan hasil tes.Hasilnya dapat meningkatkan hasil belajar, meningkatkan aktifitas belajar dalam diskusi, serta guru dapat terlatih dan bertambahnya wawasan. Penerapan model bertukar pasangan berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa Adapun hasil belajar rata-rata siswa pada siklus I sebesar 63,2 meningkat menjadi 71,6 pada siklus II. Persentase sebesar 52% pada siklus I meningkat 24% menjadi 76% pada siklus II.
Kunci : Bertukar pasangan, Hasil belajar, Diskusi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i1.2159
Article Metrics
Abstract view : 305 timesPDF - 256 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Wasten Simamora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.