PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV-A SD NEGERI 105275 PAYA GELI
Abstract
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada mata pelajaran IPS di Kelas IV-A SD Negeri 105275 Paya Geli Tahun . Subjek dalam penelitian ini adalah I (satu) kelas yaitu Kelas IV-A SD Negeri 105275 Paya Geli sebanyak 37 siswa. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI pada Siklus I mencapai rata-rata 57,3 dengan ketuntasan klasikal 24,3% dan Siklus II mencapai 87,6 dengan ketuntasan klasikal 89,2%. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Model TAI
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i2.2171
Article Metrics
Abstract view : 399 timesPDF - 226 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Tiominar .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.