PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBEDAHAN KASUS DALAM MATA KULIAH MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KERJASAMA SECARA KOPERATIF PADA MAHASISWA PGSD –S1 UNIMED

Sorta Simanjuntak

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara intektual, emosional maupun psikomotor secara optimal,tingkat pemahaman mahasiswa akan bahan kuliah manajemen kelas. Penelitian ini betujuan untuk membangun kerjasama yang  koperatif   serta meningkatkan kemampuan profesional dosen menetapkan pembelajaran yang mengaktifkan mahasiswa.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjeknya, mahasiswa  sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yaitu  sebelum tindakan 11,5% ,setelah siklus Imenjadi 50% dan setelah siklus II menjadi 92%, Selanjutnya mahaiswa yang mampu bekerjasma secara koperatif juga meningkat yaitu sebelum tindakan 11% , setelah siklus I menjadi 47% dan setelah siklus II menjadi 87%.

 

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Kasus, Manajemen Kelas, Pemahaman, Kerjasama

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i1.2176

Article Metrics

Abstract view : 293 times
PDF - 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Sorta Simanjuntak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.