PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBEDAHAN KASUS DALAM MATA KULIAH MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KERJASAMA SECARA KOPERATIF PADA MAHASISWA PGSD –S1 UNIMED
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara intektual, emosional maupun psikomotor secara optimal,tingkat pemahaman mahasiswa akan bahan kuliah manajemen kelas. Penelitian ini betujuan untuk membangun kerjasama yang koperatif serta meningkatkan kemampuan profesional dosen menetapkan pembelajaran yang mengaktifkan mahasiswa.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjeknya, mahasiswa sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yaitu sebelum tindakan 11,5% ,setelah siklus Imenjadi 50% dan setelah siklus II menjadi 92%, Selanjutnya mahaiswa yang mampu bekerjasma secara koperatif juga meningkat yaitu sebelum tindakan 11% , setelah siklus I menjadi 47% dan setelah siklus II menjadi 87%.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Kasus, Manajemen Kelas, Pemahaman, Kerjasama
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i1.2176
Article Metrics
Abstract view : 293 timesPDF - 163 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Sorta Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.