UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI PERMAINAN MONOPOLI PECAHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa pada materi pecahan siswa kelas IV SDS Inti Nusantara kota Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek pada penelitian ini berjumlah 32 siswa. Analisis data pada penelitian ini dikumpulkan melalui kegiatan unjuk kerja, lembar observasi, dan tes.
Pada kegiatan pra Siklus rata rata kemampuan siswa sebesar 44,7%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan menjadi 72,8%. Pada siklus II, rata-rata kemampuan siswa meningkat lagi mencapai 91,6%. Terjadi peningkatan 46,9 % dari pra siklus sampai dengan siklus II terhadap kemampuan matematika pada materi pecahan siswa kelas IV SDS Inti Nusantara kota tebing Tinggi dan dengan demikian maka penelitian ini dikatakan berhasil.
Kata Kunci : hasil belajar , monopoli pecahan, matematika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2832
Article Metrics
Abstract view : 3328 timesPDF - 2558 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Elvi Mailani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.