MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DI KELAS VIII-7 SMP NEGERI 19 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 19 Medan. Penerapan dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 19 Medan yang berjumlah 36 siswa.
Pada siklus I (63.88%) mengalami kenaikan hingga tuntas klasiklal padaSiklus II (97.22 %); 2) Data aktivitas siswa pada Siklus I antara lain membaca (46% ), bekerja(28%), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (4%), dan yang tidak relevan dengan KBM (14%) . Data aktivitas siswa pada Siklus II antara lain membaca (40%), bekerja (49%) bertanya sesama teman (17%), bertanya kepada guru (7%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%).
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inquiry Training,
Aktivitas Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2836
Article Metrics
Abstract view : 272 timesPDF - 176 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Nurmi Butar-Butar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.