UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI IRAMA PADA BIDANG STUDI SENI MUSIK DI KELAS VIII-2 SMP NEGERI 4 MEDAN T.A 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa dan keterampilan psikomotorik siswa saat bekerja dalam kelompok dikelas pada mata pelajaran seni musik dengan metode pembelajaran demonstrasi di kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Medan. Subjek penelitian ini adalah VIII-2 dengan jumlah siswa 34 orang. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 34.7. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar Postes I dan Postes II hasilnya masing-masing menunjukkan 73.5 dan 93.5. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada Siklus II. Data keterampilan siswa pada Siklus I antara lain mengaransemen lagu (26%), membuat syair lagu (26% ), menerjemahkan (25%), penampilan siswa 29%). Sedangkan data keterampilan siswa pada Siklus II antara lain mengaransemen lagu (71%), membuat syair lagu (69% ), menerjemahkan (69%), penampilan siswa (68%).
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Demonstrasi, Hasil belajar Siswa
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Demonstrasi, Hasil belajar Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i2.2849
Article Metrics
Abstract view : 334 timesPDF - 238 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Alamson Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.