IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPA DI KELAS VIII-5 SMP NEGERI 4 MEDAN

Nurlima Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas belajar siswa antara lain: hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri di kelas VIII-5 SMP Negeri 4 Medan. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 4 Medan dengan jumlah siswa 29 orang. Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa; 1) Hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran ipa pada Postes I diketahui rata-rata 67.6 dengan ketuntasan klasikal 41.37%, dan Postes II hasil meningkat dengan nilai rata-rata 93.8 dengan ketuntasan klasikal 96.55%; 2) Adanya peningkatan psikomotorik siswa dari siklus I ke II setelah menerapkan model pembelajaran Inkuiri; 3) Hasil belajar afektif siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I dan II antara lain kejujuran dari 27% menjadi 60%, disiplin dari 29% menjadi 65%, tanggung jawab dari 27% menjadi 65%, ketelitian dari 28% menjadi 63%, kerja sama dari 24% mejadi 68%.
Kata Kunci : Pembelajaran Inkuiri, Aktivitas , Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i2.2855

Article Metrics

Abstract view : 249 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Nurlima Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.