MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA SISWA KELAS IX-A DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUKAN MEDIA REALIA SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Muhamad Mahmud

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IX-A tentang materi pewarisan sifat setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Posing di kelas IX-A SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Lubuk Pakam dengan jumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) ketuntasan penguasaan konsep siswa meningkat, terbukti dari hasil tes siswa ketuntasan pembelajaran naik sebesar 37,5%. Pada Siklus I rata-rata nilai tes 55,5 dengan ketuntasan pembelajaran 50% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 78 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 87,5%, 2) aktivitas belajar siswa meningkat setelah penerapan model pembelajaran Problem posing dengan aktivitas pada Siklus I antara lain membaca dan menulis 39%, mengerjakan LKS 32%, bertanya sesama teman 19%, bertanya kepada guru 5%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) 5%. Sedangkan aktivitas siswa pada Siklus II antara lain membaca dan menulis 33%, mengerjakan LKS 37%, bertanya sesama teman 19%, bertanya kepada guru 7%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) 4%.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Problem Posing, Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i2.2860

Article Metrics

Abstract view : 219 times
PDF - 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Muhamad Mahmud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.