PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWAKELAS VIIIU SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Rustini .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIIIUnggulan pada bidang studi Bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIUnggulan SMP Negeri 1 Lubuk Pakam dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang.Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajarana Jigsaw yang dilihat dari penurunan aktivitas individual membaca/melihat contoh soal oleh siswa. Terjadi peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan diterapkannya model pembelajarana Jigsaw yang dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Pada Uji pretes ketuntas klasikal 0% dengan rata-rata nilai 38 meningkat menjadi 45,6% siswa tuntas secara klasikal dan rata-rata nilai 70,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 94,2% siswa lulus secara klasikal dengan rata-rata nilai 93,1.
Kata Kunci : Jigsaw, Kemampuan Kognitif, Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i2.2862

Article Metrics

Abstract view : 240 times
PDF - 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Rustini .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.