ANALYSE DE L'UTILISATION DU PREFIXE À VALEUR NEGATIVE DANS LE ROMAN L’ECUME DES JOURS.

Lely Chairani, Irwandy Irwandy, Marice Marice

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk prefiks negatif yang terdapat dalam novel yang berjudul LÉcume des Jours. Dalam konteks linguistik bahasa prancis, prefiks negatif merupakan bagian dari prefiks yang menerangkan prefiks dalam bentuk negatif. Prefiks tersebut dibagi kedalam prefix a-, dé-, dés-, dis-, in-, il- , im-, ir-, mal-, mé-, et més. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu berasal dari sebuah novel yang ditulis oleh seorang penulis prancis bernama Boris Vian yang berjudul L’Écume des Jours. Kemudian peneliti meneliti bentuk bentuk prefiks negatif yang ada didalam novel tersebut.

Dalam menganalisis data, pertama penulis membaca novel L’Écume des Jours secara seksama. Kemudian mengidentifikasi bentuk-bentuk prefiks negatif yang di temukan di dalam novel. Langkah terakhir, membuat kesimpulan sesuai dengan penggunaan prefiks negatif yang terdapat dalam novel L’Écume des Jours.Hasil penelitian ini menunjukan bentuk-bentuk prefiks negatif dan  penggunaan prefiks negatif yang paling dominan didalam novel. Dalam penelitian ini, dapat ditemukan bentuk-bentuk prefiks negatif didalam novel dan prefiks tersebut adalah prefix a- (1), dé (4), dés (3), in- (9), il- (1), im- (3), ir (2), et mal- (1). Berdasarkan hasil tersebut, ditemukan bahwa prefiks negatif yang paling dominan  penggunaannya yaitu prefiks negative in- yang jumlahnya lebih banyak dari pada prefiks lain dengan jumlah 9 prefiks.

Mots-clés :

Préfixe à Valeur Negative, L’écumes des Jours.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/hxg.v4i2.3665

Article Metrics

Abstract view : 254 times
PDF - 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni & Association des Professeurs de Français d'Indonésie (APFI)