ANALYSE DE PROGRESSION THÉMAIQUE DÉRIVÉE DANS LE TEXTE DESCRIPTIF DU MAGAZINE « FEMMES ».

Laras Prahasti SW, Dr. Marice , M.Hum., Dra. Elvy Syahrin, M.Hum.

Abstract


ABSTRAK

LarasPrahasti SW. 2123131032.

”AnalisisPengembanganTematikDerivasidalam Teks Deskrptif di Majalah

Femmes". Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis. Jurusan Bahasa Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Medan. 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pengembangan tematik derivasi yang ditemukan dalam teks deskriptif di majalah Femmes. Teori yang digunakan adalah teori Combette (1983).

Metode ini menggunakan deskriptif kualitatif. Metodeinimenjelaskankondisikebenaran, dan mempriorotaskan data yaituteori. Sumber data yang digunakanadalahmajalahFemmes.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 15 data teks deskriptif yang menggunakan pengembangan tematik derivasi. Dari 15 teks deskriptif tersebut ada 7 teks yang menggunakan pengembangan tematik derivasi dengan hypertema dan 8 teks yang menggunakan tematik derivasi dengan hyperrema. Dalam teks deskriptif yang menjelaskan objek, orang dan tempat, terdapat penggunaan pengembangan tematik derivasi dengan hypertema dan hyperrema yakni penggunaan hyperrema lebih banyak terdapat dalam teks yang menjelaskan objek dan tempat, sedangkam hypertema lebih banyak terdapat dalam teks yang menjelaskan orang. Di dalam majalah biasanya menggunakan pengembangan tematik derivasi dengan hyperrema supaya kalimat didalam majalah menjadi lebih menarik dan kita dapat melihat bahwa terdapat banyak pengembangan kosa kata yang baru.         

Kata kunci: teks deskriptif, pengembangan tematik derivasi, hypertema, hyperrema, majalah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/hxg.v6i1.7712

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni & Association des Professeurs de Français d'Indonésie (APFI)