Fenomena Prokrastinasi Akademik sebagai Gagasan untuk Menciptakan Karya Film Fiksi

Main Article Content

Muhammad Ilmul Rasyid
Andar Indra Sastra
Asril Asril
Yusril Yusril

Abstract

Prokrastinasi merupakan gejala psikologis pada seseorang dengan menunda pekerjaan atau tugas sampai tenggat waktu yang dilakukan secara sadar. Penundaan yang terjadi saat ini secara tidak langsung sudah menjadi fenomena yang umumnya terjadi pada pelaku akademisi, sehingga disebut juga dengan prokrastinasi akademik. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisa beberapa dampak yang ditimbulkan pada prokrastinasi akademik ini, kemudian memilah beberapa poin-poin yang bisa dijadikan sebagai ide penciptaan karya film fiksi, dengan garapan eksperimental. Film fiksi ini menjadi karya berupa film pendek tentang bagaimana prokrastinasi akademik ini nantinya bisa menjadi bagian dari ide penciptaan utuh, terkait dengan tujuannya sejak awal yaitu memberikan informasi penting kepada penonton terkait fenomena penundaan ini.

Article Details

How to Cite
Rasyid, M. I., Sastra, A. I., Asril, A., & Yusril, Y. (2024). Fenomena Prokrastinasi Akademik sebagai Gagasan untuk Menciptakan Karya Film Fiksi. In Laboratory Journal: Jurnal Seni Pertunjukan Dan Seni Rupa, 2(2), 88–96. https://doi.org/10.24114/ilj.v2i2.62239
Section
Articles

References

Astuti, Fidia, and Rezki Suci Qomariah. (2023). œProkrastinasi Akademik Saat Perkuliahan Daring Ditinjau Dari Self“Regulated Learning. Jurnal Penelitian Psikologi 14 (1): 1“6.

Fasikhah, Siti Suminarti, and Siti Fatimah. (2013). œSelf-Regulated Learning (Srl) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 01 (01): 145“55.

Ghufron, M. Nur. (2014). œProkrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Regulasi Diri Dalam Belajar. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education 2 (1): 136“49.

Ghufron, M. Nur, and Rini Risnawita Suminta. (2022). œThe Role of Epistemological Belief and Self Regulation in Academic Procrastination of Muslim College Students. Islamic Guidance and Counseling Journal 5 (2): 104“18. https://doi.org/10.25217/igcj.v5i2.2700.

Panah, Mahdi Mahdavi, and Mohammad Ali Ghaderi. (2018). œUndesirable Effects Of Procrastination From The Perspective Of Islamic Narrations. UCT Journal of Social Science and Humanities Research 6 (1): 10“13.

Pratista, H. (2020). Buku Memahami Film. Edited by Agustinus Dwi Nugroho. Edisi Kedu. DIY: Montase Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pDqdEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA7&dq=film+fiksi&ots=BEmPds5lbS&sig=0W5Gf7Vj54PG6ADHsULpdm3JU3A&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Risni, Titin Widya, Nila lukmatus Syahidah, Hendy Hendy, and Mocchammad danara indra Pradigta. (2023). œIntervensi Keberlanjutan Prokrastinasi Akademik Dalam Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Education Research 4 (1): 107“15. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.135.

Rusandi, and Muhammad Rusli. (2021). œMerancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2 (1): 48“60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18.

Triyono, and Alfin Miftahul Khairi. (2018). œProkastinasi Akademik Siswa SMA (Dampak Psikologis Dan Solusi Pemecahannya Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam). Jurnal Al Qalam 19 (2): 58“74.

Ursia, Nela Regar, Ide Bagus Siaputra, and Nadia Sutanto. (2013). œAcademic Procrastination and Self-Control in Thesis Writing Students of Faculty of Psychology, Universitas Surabaya. Makara Human Behavior Studies in Asia 17 (1): 1. https://doi.org/10.7454/mssh.v17i1.1798.