PENGARUH PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK HUKUM PASCAL DI KELAS VIII SEMESTER II SMP SWASTA IKAL MEDAN T.P. 2011/2012

Ratna Tanjung, Raudhatul Kamal

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terpadu model webbed terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok hukum pascal di kelas VIII semester II SMP Swasta IKAL Medan T.P.2011/2012. Penguasaan konsep IPA oleh siswa akan lebih berhasil jika guru dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai yang dapat membuat siswa mengerti dan memahami  bahwa ada hubungan antara satu pelajaran dengan pelajaran lain khususnya dibidang IPA itu sendiri. Salah satu model yang cocok, yaitu Pembelajaran Terpadu Model Webbed yang diterapkan dalam penelitian pada sub materi pokok hukum pascal di SMP Swasta IKAL Medan. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai postes hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sehingga terlihat adanya pengaruh model pembelajaran Terpadu Model Webbed terhadap hasil belajar siswa di kelas eksperimen.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, pembelajaran terpadu model Webbed vuglil


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v1i1.1195

Article Metrics

Abstract view : 676 times
PDF - 344 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.