PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DISERTAI MEMBUAT RINGKASAN BERFORMAT MINI MAGZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS XI SMA NEGERI 1 ONAN RUNGGU TA. 2010/2011

Sehat Simatupang, Menta tiur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok Kinematika Gerak Lurus di SMA Negeri 1 Onan Runggu Kabupaten Samosir  T.A 2010/2011.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Onan Runggu T.A 2010/2011, yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dimana masing-masing kelas terdiri dari 36 orang siswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal dengan lima pilihan jawaban. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sebelumnya telah diuji kevalidannya oleh tiga orang validator. Untuk menguji hipotes digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.

Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes adalah 36,87 dan nilai rata-rata postes, setelah menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah 74,06. Nilai rata-rata pretes pada kelas kontrol adalah 35,46 dan nilai rata-rata postes adalah 67,65. Data kedua kelompok kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil pengujian hipotesis postes kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh  dan  (). Hasil perhitungan diperoleh  >  pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 62, ini berarti nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa

Key word: TPS, Mini Magz, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v1i1.1196

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 61 times PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.