PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA

Fitri Amelia, Eva Marlina Ginting

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar fisika siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VII8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII7 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 33,77 dengan standar deviasi 8,14 pada kelas control sebesar 32,67 dengan standar deviasi 8,48. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung<Ltabel = 0,12 < 0,16, sedangkan kelas kontrol Lhitung<Ltabel = 0,09 < 0,16 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel deperoleh Fhitung < Ftabel = 1,65 < 1,858 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Setelah pembelajaran diberikan, diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen 76,33 dengan standar deviasi 6,56 dan pada kelas kontrol sebesar 70,83 dengan standar deviasi 8,42. Hasil uji hipotesis untuk postes diperoleh thitung > ttabel = 2,79 > 1,679 yang berarti Ha diterima. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan ke I sebesar 55,11%, pertemuan ke II = 71,56% pertemuan ke III = 75,78%. Dari nilai rata – rata aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 29,85% pada pertemuan ke I dengan ke II dan 5,89% pada pertemuan ke II dengan ke III. Dari hasil uji t ada pengaruh, dengan demikian diperoleh ada pegaruh  model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Zat dan Wujudnya di Kelas VII Semester I SMP Negeri 15 Medan T.P 2013/2014.

 

Kata Kunci : Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2115

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.