PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Fatima Hannum, Nurdin Bukit

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa terhadap pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pre-test dan pos-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Swasta Muhammadiyah-06 Belawan yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 260 orang. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-3 dengan model inquiry training dan kelas VIII-1 dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 37 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa berjumlah sepuluh soal dalam bentuk essay dan diberikan sebanyak 2 kali yaitu pre-test dan pos-test. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pos-test kelas eksperimen 80,05 dan kelas kontrol 68,81. Dari hasil pengujian hipotesis ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar Fisika.

 

Kata Kunci: inquiry training, hasil belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2132

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.