PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIKDINAMIS DI SMA PAB 8 SAENTIS DELI SERDANG T.P 2014/2015

Juli Tiara Anggi, Jurubahasa Sinuraya

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 235 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 39 orang dan kelas X3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar sebanyak 15 soal dalam bentuk pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t setelah data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis.

 

Kata kunci  : model inquiry training, hasil belajar fisika.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i4.5642

Article Metrics

Abstract view : 244 times
PDF - 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.