PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Juniar Hutahaean, Mariati Purnama Simanjuntak, Mailita Sari Pulungan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)  mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquirydan pemahaman konsep awal terhadap hasil belajar,2) mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi dan siswa yang memiliki pemahaman konsep awal rendah, dan 3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran guided inquirydengan pemahaman konsep awal siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA di salah satu SMA negeri di Medan  Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel di kelas kontrol sebanyak 36 orang dan di kelas eksperimen sebanyak 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan tes pemahaman konsep awal berbentuk pilihan berganda dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model guided inquiry dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional; 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang memiliki pemahaman konsep awal di atas rerata dengan siswa yang memiliki pemahaman konsep awal di bawah rerata; dan 3) terdapat interaksi yang signifikan antara model guided inquirydan pembelajaran konvensional dengan pemahaman konsep awal  terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci:model guided inquiry, pemahaman konsep awal, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i4.5645

Article Metrics

Abstract view : 292 times
PDF - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.