PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBINGBERBANTUAN ANIMASI PhETTERHADAP AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XISEMESTER IISMANEGERI 1 BATANG KUIS T.P 2015/2016

Shinta Surya Lasmita, Sondang R. Manurung

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri Terbimbing berbantuan animasi PhET terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis  di kelas XI semester II SMA Negeri 1 batang Kuis  T.P. 2015 / 2016.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pre-test dan post-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas XI-IPA3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen tes hasil belajar berupa Essay test sebanyak 10 soal yang telah di validasi oleh validator serta uji ramalan. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar, Lembar penilaian observasi untuk mengukur sikap, keterampilan dan aktivitas. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap, keterampilan dan aktivitas masing-masing dalam kategori baik dan juga di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap dan aktivitas dalam kategori baik.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 25,82 dan kelas kontrol adalah 22,38. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 79,05 dan kelas kontrol 72,08. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,55 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung> ttabel (2,55>1,67) maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan animasi PhET lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci : model inkuiri terbimbing, hasil belajar, konvensional


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i4.5653

Article Metrics

Abstract view : 292 times
PDF - 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.