PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PENYABUNGAN SELATAN T. P. 2014 / 2015

Hevvi Adelina Lubis, Abd. Hakim Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di Kelas VII SMP Negeri 1 Penyabungan Selatan T.P. 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pre-test pos-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Penyabungan Selatan T.P. 2014/2015. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian berupa test pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option (a, b, c, d, dan e). Tes hasil belajar divalidkan oleh validator. Berdasarkan analisis data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen diperoleh rata-rata pretes 25,33 dengan standard deviasi 6,94 dan nilai rata-rata postes 72,5 dengan standard deviasi 12,159. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretes 24,66 dan standard deviasi 8,65 sedangkan rata-rata postes 63,33 dengan standard deviasi 10,61. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 3,11 dan ttabel adalah 2,002 pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung> ttabel (thitung3,11> ttabel2,002). Berdasarkan hasil uji-t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari model pembelajaran problem based learing secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor kelas VII SMP Negeri 1 Penyabungan Selatan T.P 2014/2015. Penilaian aktivitas didapat rata-rata nilai aktivitas selama 2 pertemuan adalah 64,99. Setelah dianalisis persamaan garisnya menggunakan Microsoft Exel 2007 dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa pada model pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa.

Key word : Problem based Learning, pembelajaran konvensional

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6596

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF - 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.