PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 10 MEDAN

Togi Tampubolon, Verawati Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi teori kinetik gas di kelas XI SMA Negeri 10 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kelas eksperimen dengan model inquiry training terhadap keterampilan proses sains dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,35 dan kelas kontrol 53,06. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training untuk meningkatkan keterampilan proses sains di SMA Negeri 10 Medan T.A 2015/2016.

Kata Kunci: model pembelajaran inquiry training, keterampilan proses sains, teori kinetik gas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6603

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.