PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 10 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi teori kinetik gas di kelas XI SMA Negeri 10 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kelas eksperimen dengan model inquiry training terhadap keterampilan proses sains dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,35 dan kelas kontrol 53,06. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training untuk meningkatkan keterampilan proses sains di SMA Negeri 10 Medan T.A 2015/2016.
Kata Kunci: model pembelajaran inquiry training, keterampilan proses sains, teori kinetik gasFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6603
Article Metrics
Abstract view : 196 timesPDF - 209 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.