PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI INTERAKTIF “TEMATIK” BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV SDN 028229 BINJAI BARAT TP 2017/2018
Abstract
Abstrak : Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Interaktif “TEMATIK” Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV SDN 028229 Binjai Barat TP 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan game edukasi interaktif “tematik" berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar tema 4 Berbagai Pekerjaan kelas IV SD N 028229 Binjai Barat TP 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dengan menggunakan nonequivalent control group design yang dilaksanakan dengan 6 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 54 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dan observasi untuk menjaring hasil dan aktivitas belajar siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes. Analisa data menggunakan uji-t satu pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada kegiatan belajar dengan menggunakan game edukasi berbasis macromedia flash.
Kata Kunci Game Edukasi Berbasis Macromedia Flash, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10342
Article Metrics
Abstract view : 380 timesPDF - 915 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International