PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI INTERAKTIF “TEMATIK” BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV SDN 028229 BINJAI BARAT TP 2017/2018

Eva Betty Simanjuntak, Nurul Fadhilah Ananda

Abstract


Abstrak : Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Interaktif “TEMATIK”  Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV SDN 028229 Binjai Barat TP 2017/2018.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan game edukasi interaktif  “tematik" berbasis macromedia flash  terhadap hasil belajar tema 4 Berbagai Pekerjaan kelas IV SD N 028229 Binjai Barat TP 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dengan menggunakan nonequivalent control group design yang dilaksanakan dengan 6 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 54 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dan observasi untuk menjaring hasil dan aktivitas belajar siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes. Analisa data menggunakan uji-t satu pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada kegiatan belajar dengan menggunakan game edukasi berbasis macromedia flash.

                                                                                                            Kata Kunci Game Edukasi Berbasis Macromedia Flash, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10342

Article Metrics

Abstract view : 380 times
PDF - 915 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International