PENERAPAN MODEL SQ3R DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KELAS IV SDN 167 SIBANGGOR JAE
Abstract
Abstrak: Penerapan Model SQ3R dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kelas IV SDN 167 Sibanggor
Jae. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek dalam
penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 167 Sibanggor Jae, yang berjumlah 20
siswa. Dalam penelitian ini, aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi
dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hasil belajar berupa keterampilan
membaca pemahaman siswa meningkat dengan menerapkan strategi pembelajaran
SQ3R pada Formatif I menunjukkan rata-rata 72 dengan ketuntasan kalsikal 60%
dan pada Formatif II menunjukkan rata-rata 89 dengan ketuntasan klasikal 95%
atau terjadi peningkatan 35%, data tersebut menunjukkan peningkatan dan tuntas
sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bahasa Indonesia.
untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kelas IV SDN 167 Sibanggor
Jae. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek dalam
penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 167 Sibanggor Jae, yang berjumlah 20
siswa. Dalam penelitian ini, aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi
dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hasil belajar berupa keterampilan
membaca pemahaman siswa meningkat dengan menerapkan strategi pembelajaran
SQ3R pada Formatif I menunjukkan rata-rata 72 dengan ketuntasan kalsikal 60%
dan pada Formatif II menunjukkan rata-rata 89 dengan ketuntasan klasikal 95%
atau terjadi peningkatan 35%, data tersebut menunjukkan peningkatan dan tuntas
sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bahasa Indonesia.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10448
Article Metrics
Abstract view : 181 timesPDF - 326 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
Jurnal Guru Kita is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.