PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 291 SIMPANG GAMBIR
Abstract
Abstrak : Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD
Negeri 291 Simpang Gambir. Berdasarkan analisis data angket siswa pada siklus I
yaitu : 5 orang memiliki motivasi belajar sangat baik (16,13%), 12 orang memiliki
motivasi belajar baik (38,70%),9 orang memiliki motivasi belajar cukup (29,03%), 5
orang memiliki motivasi belajar kurang (16,13%). Dan pada siklus II persentase
motivasi belajar siswa sudah meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin
dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu : 12 orang memilikimotivasi belajar
sangat baik (38,70%), 14 orang memiliki motivasi belajar baik (45,16%), 4 orang
memiliki motivasi belajar cukup (12,90%), 1 orang memiliki motivasi belajar kurang
(3,23%).
Kata Kunci : Direct Instruction, Motivasi Belajar
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD
Negeri 291 Simpang Gambir. Berdasarkan analisis data angket siswa pada siklus I
yaitu : 5 orang memiliki motivasi belajar sangat baik (16,13%), 12 orang memiliki
motivasi belajar baik (38,70%),9 orang memiliki motivasi belajar cukup (29,03%), 5
orang memiliki motivasi belajar kurang (16,13%). Dan pada siklus II persentase
motivasi belajar siswa sudah meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin
dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu : 12 orang memilikimotivasi belajar
sangat baik (38,70%), 14 orang memiliki motivasi belajar baik (45,16%), 4 orang
memiliki motivasi belajar cukup (12,90%), 1 orang memiliki motivasi belajar kurang
(3,23%).
Kata Kunci : Direct Instruction, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10457
Article Metrics
Abstract view : 142 timesPDF - 525 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
Jurnal Guru Kita is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.