PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VI SD NEGERI 125 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2017/2018

Nurintan Nurintan

Abstract


Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head
Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di
Kelas VI SD Negeri 125 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi Menyakini adanya
hari akhir dan menceritakan kisah Nabi di kelas VI SD Negeri 125 Tebing Tinggi T.P.
2017/2018. Dari analisis data hasil pretes diketahui rata-rata nilai siswa 48, hanya ada 3
orang siswa yang mencapai batas KKM, ketuntasan belajar dalam kelas 13,64%. Dari
hasil analisis data pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 75, sebanayak 13 orang siswa
telah berhasil mencapai nilai batas minimum KKM, ketuntasan belajar dalam kelas
50,09%. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85, sebanayak 19 orang
siswa telah berhasil mencapai nilai batas minimum KKM, tingkat ketuntasan belajar
siswa dalam kelas 86,36.
Kata Kunci : Kooperatif, Numbered Head Together.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10458

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International