PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUKPAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Utami Putri, Mukti Hamjah Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap  hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Lubukpakam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara classter random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas Kontrol dengan masing-masing berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar afektif dan psikomotorik siswa. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki peningkatan yang lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Lubukpakam Tahun Ajaran 2015/2016.


Keywords


Model pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Akınoğlu, Orhan and Ruhan Özkardeş Tandoğan,(2007), The Effects of Problem Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning, Marmara Üniversitesi, Eurasia Journal of Mathematics, Eurasia Journal of Mathematics Science & Technology Education 3:71-81

Arends, R.I., (2008), Learning To Teach, Purtaka Pelajar, Yogyakarta.

Hasanah, R., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Fluida Dinamis Di Kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Kisaran T.A 2014/2015, Skripsi, FMIPA Unimed, Medan.

Khairida, dkk., (2009), Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol: 5, UNNES, Semarang.

Sanjaya, W., (2011), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Prenada Media Grup, Jakarta.

Tika, I Ketut, (2008), Penerapan Problem Based Learning Berorientasi Penilaian Kinerja Dalam Pembelajaran Fisika Untuk meningkatkan Kompetensi Kerja Ilmiah Siswa, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA 3:648-700

Trianto, (2010), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Penerbit Kencana, Jakarta.

Yasa,Putu, (2007), Strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kompetensi dasar fisika siswa kelas viii SMP N 2 Singaraja, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA 3:622-637

Yoesoef, (2015), Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menanya dan Penguasaan Konsep Fisika Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kediri, Jurnal Pinus Vol. 1 No. 2, Kediri.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7796

Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter