PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA SMK MENGANALISIS BUTIR SOAL MELALUI SUPERVISI TEKNIK PELATIHAN DI KABUPATEN ACEH SELATAN

Junaedi Dongoran, Paningkat Siburian, Harun Sitompul

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru matematika SMK menganalisis butir soal melalui penerapan supervisi akademik teknik pelatihan di Kabupaten Aceh Selatan. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran Matematika SMK di Kabupaten Aceh Selatan berjumlah dua belas orang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan secara terpadu dan sistematis, yakni mulai perencanaan, pelaksanaan dan pengamatankemudian diakhiri dengan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes analisis butir soal, (2) observasi, (3) kuesioner, dan (4) dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Dari hasil analisis dan pengolahan data pre-test nilai rata-rata kemampuan guru menganalisis butir soal adalah 8, 52 dengan kategori sangat kurang. Nilai tersebut meningkat setelah dilaksanakan pelatihan pada siklus I menjadi 76, 15 (kategori cukup). Kemudian pada siklus II nilai rata-rata kemapuan guru menganalisis butir soal meningkat menjadi 94, 13 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru matematika SMK menganalisis butir soal dapat ditingkatkan melalui penerapan supervisi akademik teknik pelatihan di Kabupaten Aceh Selatan.

Kata kunci: supervisi, analisis butir soal, pelatihan.



Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.