Pengembangan dan Standarisasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Spiritual Untuk Kelas XI SMA/MA Semester 1 Berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan

Fathma Fitriani, Mahmud Mahmud, Ayi Darmana

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual untuk kelas XI SMA/MA Semester 1 dan melihat kelayakannya berdasarkan standar kelayakan BSNP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 buku ajar kimia untuk kelas XI SMA/MA berdasarkan kurikulum 2013, 2 orang dosen program pascasarjana Universitas Negeri Medan dan 20 orang guru kimia kelas XI SMA/MA di Kota Medan sebagai validator ahli. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dengan skala 5, yaitu angket penilaian terhadap bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan BSNP yang terdiri dari empat standar kelayakan, yaitu standar kelayakan isi, standar kelayakan bahasa, standar kelayakan penyajian, dan standar kelayakan kegrafikaan. Hasil standarisasi menunjukkan standar kelayakan isi memiliki rata-rata = 4,26 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, standar kelayakan bahasa memiliki rata-rata = 4,31 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, standar kelayakan penyajian memiliki rata-rata =  4,39 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, dan standar kelayakan kegrafikaan memiliki rata-rata = 4,37 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi. Dari hasil standarisasi didapatkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai spiritual tidak mengurangi tingkat keilmiahan bahan ajar kimia yang dikembangkan, sehingga diharapkan kepada guru kimia khususnya kelas XI SMA/MA dapat menggunakan bahan ajar terintegrasi nilai-nilai spiritual untuk membantu siswa dalam pencapaian KI 1 dan membantu guru dalam menerapkan KI 1 dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: standarisasi, bahan ajar, pendidikan karakter, nilai-nilai spritual

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkim.v8i1.4420

Article Metrics

Abstract view : 629 times
PDF - 915 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Fathma Fitriani, Mahmud Mahmud, Ayi Darmana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Kimia
Contact: +62 853-1769-2813
Email: jpkim.pps@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +62 852-7802-1981.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.