PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN Contextual Teaching And Learning (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Saronom Silaban, Neeta Sri Debora Simangunsong

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian ini telah dilakukan di SMA Methodist 1 Medan. Kelas sampel (kelas XI) diberikan perlakuan dengan model pembelajaran CTL. Kelas sampel telah memenuhi kriteria uji normalitas dan homogenitas. Evaluasi awal(pre-tes) siswa kelas sampel rata-rata M=16.25±6.25. Setelah perlakukan pembelajaran menggunakan model CTL, rata-rata pencapaian siswa (post-tes) meningkat menjadi M=76.39±6.09. Meningkatnya rata-rata post-tes siswa tersebut mengindikasikan bahwa pembelajaran menggunakan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keberhasilan belajar ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa, dimana dalam perhitungan keberhasilan belajar berdasarkan %gain diperoleh rata-rata keberhasilan siswa sebesar 72% Hasil analisis uji beda atau uji t diperoleh thitung > ttabel (6,34> 1,6905) pada α = 0,05 yang berarti pembelajaran menggunakan CTL berpengaruh positif terhadap siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya pada pokok bahasan sistem koloid.

Kata Kunci: Pembelajaran CTL, sistem koloid, hasil belajar siswa


Full Text:

PDF

References


Boyce, L.N., Van Tassel Baska, J., Burruss, J.D., Sher, B.T & Johnson, D.T. 1997. Aproblem-based curriculum: Parallel learning opportunities for students and teachers, Journal of the Education of the Gifted 20: 363-379.

Chotimah, H. .2007. Peningkatan proses dan hasil belajar biologi dalam pendekatan kontekstual melalui model pembelajaran think-pair-share pada peserta didik kelas x-6 sma laboratorium universitas negeri malang. Jurnal Penelitian Pendidikan:103-119.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta.

Nurhadi & Senduk, A. 2003. Pembelajaran (contextual teaching and learning/CTL) dan penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang, Malang.

Nurdin .2009. Implementasi pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar. IX:109 -122.

Sakkashiri, B.Z. 1991. Chemical Demonstration. A hand book for teacher of chemistry, The University of Winconsin Press.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta, Jakarta.

Silaban, S & Dewi, R.S. 2012. Efektivitas media petakonsep tarhadap peningkatan prestasi dan motivasi mahasiswa prodi biologi dalam pengajaran biokimia dalam kehidupan sehari-hari pada mata kuliah kimia umum-2. Jurnal Pendidikan Kimia, 5:5-9.

Silaban, S. 2013. Efektivitas media petakonsep dalam pengajaran biokimia dasar terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 5: 4-7.

Silaban, S. 2014. Efektifitas media petakonsep dalam pembelajaran kimia. Proceeding Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi. Samosir, 10-11 Oktober: 361-365.

Siregar, Z. 2011. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Menggunakan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Kimia Kelas XI SMA. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Unimed, tidak diterbitkan.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Prestasi. Pustaka Publisher, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i1.5507

Article Metrics

Abstract view : 855 times
PDF - 314 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Saronom Silaban, Neeta Sri Debora Simangunsong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Kimia
Contact: +62 853-1769-2813
Email: jpkim.pps@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +62 852-7802-1981.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.