Pembinaan Sekolah SMK untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PKn Melalui PTK dan Publikasi Ilmiah

Hodriani Hodriani, Rosnah Siregar, Surya Dharma, Hafni Laila Siregar

Abstract


Guru membutuhkan adanya publikasi ilmiah untuk memenuhi  persyaratan kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya, sementara kemampuan guru dalam menyusun dan mengembangkan PTK  masih sangat rendah. Guru memiliki pemahaman yang lemah dalam pembuatan publikasi ilmiah. Guru merasa kesulitan untuk melakukan refleksi pembelajaran, perilaku dan pola pikir yang belum terbiasa dan merasa belum mampu menghasilkan publikasi ilmiah.

Pendampingan PTK dan Publikasi Ilmiah dilaksanaan dari bulan Juni sampai dengan bulan September 2015. Pelaksanaan dimulai dengan menyiapkan material yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan. Panitia selanjutnya mengundang guru PKn untuk mengikuti pendampingan. Pada akhir sesi pendampingan, peserta diminta untuk membuat proposal penelitian PTK berdasarkan materi yang sudah didiskusikan. Tugas mandiri diberikan selama  dua minggu dengan pendampingan narasumber. Proposal yang telah disempurnakan dengan pendampingan narasumber dikumpulkan sebagai tagihan bagi peserta pelatihan. Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang disiapkan panitia. Laporan PTK yang terkumpul selanjutnya disusun dalam bentuk artikel ilmiah sehingga dapat publikasikan.  Luaran dari pelaksanaan kegiatan ini menghasilkan  3 Laporan PTK untuk pembuatan publikasi ilmiah dan tiga keping video pembelajaran inovatif  yang dilaksanakan oleh guru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i82.3455

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.