PEMBINAAN PENGELOLAAN MANAJEMEN USAHA DAN E-MARKETING PADA PELAKU USAHA INDUSTRI MIKRO PENGRAJIN SEPATU DI KECAMATAN MEDAN DENAI

Muhammad Irfan Nasution, Muhammad Andi Prayogi, Satria Mirsya Affandy Nasution

Abstract


                                                         Abstrak

Kegiatan program pengabdian masyarakat dari Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini bertujuan untuk melakukan Pembinaan Pengelolaan Manajemen Usaha dan E-Marketing pada Pelaku Usaha Industri Mikro Pengrajin Sepatu di Kecamatan Medan Denai.  Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan pengrajin Sepatu yang akan menjadi Mitra pengabdian masyarakat yaitu Jondy Shoes dan Whindy Shoes. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 8 (delapan) bulan dengan target luaran utama adalah publikasi jurnal ilmiah pengabdian masyarakat, memperoleh ijin usaha, mempunyai website dann peningkatan wawasan dan keterampilan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat  ini adalah  pendekatan partisipatif, pendekatan kognitif, pendekatan afektif dan pendekatan keterampilan dan tahapan tahapan yang digunakan adalah persiapan, investigasi, transformasi. Incubation, verification, implementation, evaluasi, pengembangan secara bertahap yang dimulai dengan Plan, do, action, check. Selanjutnya para mitra sudah mempunyai email dan webblog sebagai sarana promosi usaha yang mitra jalankan dan sudah memiliki izin usaha dan telah terdaftar di Dinas Koperasi Kota medan.

 

Kata Kunci: manajemen usaha, e-marketing

 

                                                       Abstract

The activities of the public service program of the community service Society or LP2M Univesity of Muhammadiyah Sumatera Utara aims to perform the construction Management Business Management and E-Marketing in Micro Industry Trade Craftsmen shoes in Medan Denai. This outreach activities involving craftsmen shoes that will become a partner of public service i.e. Jondy Whindy Shoes and Shoes. Public service was conducted for 8 (eight) months with the outer primary target was the publication of the scientific journal public service, obtaining a business license, have increased insight and dann website skills. Methods used in this outreach activity is a participatory approach, the approach of cognitive, affective and approach the approach phase and stage skills used are preparation, investigation, transformation. Incubation, verification, implementation, evaluation, development gradually, beginning with a Plan, do, check, action. Furthermore the partners already have email and webblog as a means of promotion of the business partners who run and already have a business license and has been registered with the Department of Cooperatives of medan

 

Keywords: Business Management, E-Marketing


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i2.7028

Article Metrics

Abstract view : 2099 times
PDF - 2706 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.