PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA DIKLAT PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK KOTA MEDAN

Sri Mutmainnah, Rotua Sahat P. Simanullang, Rika Rika

Abstract


Abstrak

Sekolah tempat siswa Administrasi Perkantoran belajar untuk dapat menguasai kompetensi Administrasi Perkantoran yang dibutuhkan di dunia kerja. Namun guru SMK Administrai Perkantoran yang harusnya menguasai materi kearsipan ternyata belum dapat menguasai kompetensi kearsipan sebagai mana mestinya, demikian juga dengan pengimplementasian model pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah membantu Guru-guru Produktif Administrasi Perkantoran dalam penguasaan materi Kearsipan dan melaksanakan pembelajaran yang Inovatif, Kreatif, Efektiv dan Menyenangkan dalam setiap pembelajaran yang dilakukan. Selain itu juga dilakukan pendampingan dalam penyusunan Rencana Kegiatan Belajar Mengajar (RKBM) dengan benar, dimana RKBM yang di susun akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran Kearsipan. Adapun target khusus dari kegiatan pengabdian ini, adalah; 1) Menigkatnya kompetensi guru dalam mengajarkan materi kearsipan; 2) tersusunnya Rencana Kegiatan Belajar Mengajar (RKBM) Kearsipan yang sudah terstandar; 3) Adanya dokumentasi pelaksanaan Open Class dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat diketahui bahwa ada kenaikan hasil belajar Kearsipan guru-guru dengan rata-rata pretest sebesar 68.5 mengalami kenaikan pada posttest menjadi 77.92 atau dengan ada kenaikan hasil belajar sebesar 9.42%. Selain itu kegiatan pengabdian ini menghasilkan RKBM dan video pembelajaran.
Kata Kunci: Kompetensi, Pembelajaran berbasis proyek, Kearsipan

Abstract

School where students of Office Administration learn to be able to master the competence of Office Administration needed in the world of work. However, teachers of SMK Administration Office who should master the archival material was not able to master archival competence as it should be, as well as the implementation of learning models that enable students to be active in the learning process. The purpose of this dedication is to help teachers Productive Office Administration in the mastery of archival materials and implement innovative learning, Creative, Effective and Exciting in every lesson learned. In addition, also provided assistance in the preparation of Teaching and Learning Activities Plans (RKBM) correctly, where RKBM is prepared will be used in archival learning activities. The specific targets of this devotional activity, are; 1) Increased teacher competence in teaching archival materials; 2) the compilation of Teaching and Learning Activities Plans (RKBM) which has been standardized; 3) The existence of Open Class implementation documentation by applying project-based learning model. The result of the dedication to the community is known that there is an increase in learning outcomes. Archival teachers with an average pretest of 68.5 experienced an increase in posttest to 77.92 or with an increase in learning outcomes by 9.42%. In addition, this dedication activity resulted RKBM and learning videos.
Keywords: Competence, Project-based Learning, archives




DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i4.8593

Article Metrics

Abstract view : 300 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.