IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA PAB 8 SAENTIS

Togi . ., Mei Lastiar Nababan

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah melalui model pembelajaran advance organizer berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran advance organizer berbantuan macromedia flash. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa yang bejumlah 30 orang. Objek penelitian adalah penerapan model advance organizer berbantuan macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi program linier. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal yang dilakukan sebelum tindakan, diketahui tingkat kemampuan penalaran matematis siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 47,55 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 6 orang (20%) dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat menjadi 64,14 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 12 orang (40%) dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan sisklus II, rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat menjadi 78,75 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 26 orang (86,67%) dari jumlah siswa. Berdasarkan uraian-uraian di atas dapat disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model advance organizer berbantuan macromedia flash pada materi program linier.
Kata Kunci : Advance Organizer, Komunikasi Matematis
ABSTRACT
This study aims to (1) To know whether through advanced learning organizer model with macromedia flash can improve mathematical communication ability (2) to know improvement of student learning result after applied learning organizer model with macromedia flash. This type of research is a classroom action research. The subjects of the study were students which numbered 30 people. The object of research is the implementation of advanced organizer model with macromedia flash to improve students' mathematical
19 l JURNAL INSPIRATIF p-ISSN : 2442-8876, e-ISSN : 2528-0475
Togi, Mei Lastiar Nababan. Implementasi Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan
Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Xi Sma
PAB 8 Saentis. Jurnal Inspiratif, Vol. 3, No. 2 Agustus 2017.
communication ability in linear program material. This study consists of two cycles, where at the end of each cycle is given a test of mathematical communication ability to determine students' mathematical communication ability. Based on the results of initial ability tests conducted before the action, it is known the level of students' mathematical reasoning ability is very low with the average grade of 47.55 with the number of students who reach KKM as many as 6 people (20%) of the number of students. After giving action on the first cycle, the level of students' mathematical communication ability increased to 64.14 with the number of students reaching KKM as many as 12 people (40%) of the total students. After the second cycle, the average of students' mathematical communication ability increased to 78.75 with the number of students who reached KKM as many as 26 people (86.67%) of the total students. Based on the above descriptions can be concluded mathematical communication of students increased by applying advanced organizer model with macromedia flash on linear program material
Keywords: Advance Organizer, Mathematical Communication


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ansari, 2009. Komunikasi Matematis. Banda Aceh. Penerbit Pena

Ansari, 2016. Komunikasi Matematis. Banda Aceh. Penerbit Pena

Arikunto, dkk, 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aziz, 2010. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi Student Team Heroic untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Bandung: FMIPA UPI

Dahar, R.W, 2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga

Huda, Miftahul, 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

MADCOMS, 2006. Mahir Dalam 7 Hari Macromedia Flash 8. Madiun. CV Andi Offset

Sihombing, W.L, 2013. Telaah Kurikulum Matematika Sekolah. Medan. FMIPA Universitas Negeri Medan

Simanjuntuk, M & Surya, E, 2015. Peningkatan Kemampuan Representasi Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Transformasi Dengan Strategi Think-Talk-Write (Ttw) Berbantuan Kartu Domin.Jurnal Paradikma, Vol.8 No.1




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8888

Article Metrics

Abstract view : 306 times
PDF - 372 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter