PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN SHOOTING AFTER DRIBBLE DENGAN LATIHAN SHOOTING AFTER CENTERING PASS TERHADAP HASIL SHOOTING PADA PEMAIN SEPAKBOLA SEJATI PRATAMA

Mahmuddin Matondang, Ahmad Tarmizi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode latihan shooting after dribble dengan shooting after  centering pass terhadap hasil kemampuan shooting sepakbola pada Pemain Sepakbola Sejati Pratama Medan Johor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode experiment dengan jumlah populasi yaitu 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling (sampel bersyarat dan ciri-ciri). Selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik matching by fairing yaitu kelompok A (shooting after dribble) dankelompok B (shooting after centering pass) berdasarkan hasil pre-test yang telah diranking. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 minggu, dengan frekuensi latihan 3 kali dalam seminggu. Hasil analisis data yang menggunakan uji-t menunjukkan peningkatan terhadap hasil kemampuan shooting. Dari hasil perhitungan uji statistik hipotesis pertama diperoleh thitung(17,10) > ttabel(1,83), maka hipotesis pertama dapat diterima sehingga dapat dibuktikan bahwa latihan shooting after dribble memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil kemampuan shooting.. Dari hasil perhitungan uji statistik hipotesis kedua diperoleh thitung(6,10) > ttabel(1,83), maka hipotesis kedua dapat diterima sehingga dapat dibuktikan bahwa latihan Shooting after  centering pass memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil kemampuan shooting. Dari hasil perhitungan uji statistik hipotesis ketiga Shooting after  dribble memberikan pengaruh yang lebih besar dari pada shooting after  centering pass terhadap peningkatan hasil kemampuan shooting, dikarenakan thitung(2,28)>ttabel(1,73).


Full Text:

HTML


DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v1i1.6493

Article Metrics

Abstract view : 687 times
HTML - 813 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PRESTASI