PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PELAJARAN IPA SISWA KELAS V

Cahyati Triana Putri, Choirul Huda', M. Arief Budiman

Abstract


Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Media Audio-Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pelajaran IPA Siswa Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran advance organizer berbantu media audio-visual terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen. Sampel penelitian yaitu 21 siswa kelas V A untuk kelas kontrol dan 19 siswa kelas V B untuk kelas eksperimen dengan menggunakan sampling jenuh. Analisis menggunakan uji-t dua pihak polled varians. thitung > ttabel yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model advance organizer berbantu media audio-visual terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran IPA.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Advance Organizer, Media Audio-Visual dan Kemampuan Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10675

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cahyati Triana Putri, Choirul Huda', M. Arief Budiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.