STUDI KOMPARASI MEDIA PUZZLE DAN VIDEO PADA MODEL PEMBELAJARAN STAD DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD

Wulan Apriantika, A. Y Soegeng Ysh, Iin Purnamasari

Abstract


Abstrak : Studi Komparasi Media Puzzle Dan Video Pada Model Pembelajaran STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih efektif yang mana antara media puzzle dan video pada model pembelajaran STAD ditinjau dari hasil belajar ips kelas V SDN Jepat Lor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jepat Lor tahun 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 22 siswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil rata-rata tes IPS kelas eksperimen 1 dengan media video yaitu 68,8636 sedangkan kelas eksperimen 2 dengan media puzzle yaitu 78,1818.


Kata Kunci : Puzzle, Video, STAD, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10680

Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wulan Apriantika, A. Y Soegeng Ysh, Iin Purnamasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.