EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 3

Melyani Sari Sitepu, Ridha Sarwono

Abstract


Abstrak : Efektifitas Model Pembelajaran Group To Group Exchange Terhadap Karakter Peduli Sosial Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa SD Muhammadiyah Domban 3. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap karakter peduli sosial dalam pembelajaran IPS pada siswa SD Muhammadiyah domban 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah non tes berbentuk angket. Analisisi data dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Group to Group Exchange efektif terhadap karakter peduli sosial pada siswa kelas IV. Efektifitas tersebut dapat dilihat dari nilai angket peduli sosial minimal sebelum pembelajaran di kelas kontrol 19 dan maksimum 36. Sedangkan nilai minimum hasil angket sebelum perlakuan di kelas eksperimen 23 dan nilai maksimum nilai angket peduli sosial setelah perlakuan sebesar 40. Perbedaan antara nilai angket sebelum perlakuan dan setelah perlakuan untuk kelas eksperimen sebesar 1,8.


Kata Kunci : Model Pembelajaran GGE, Karakter Peduli Sosial


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10683

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF - 319 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Melyani Sari Sitepu, Ridha Sarwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.