PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GI DI KELAS IX SMP SWASTA BERDIKARI

Emawati Emawati

Abstract


Abstrak : Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran GI Di Kelas IX SMP Swasta Berdikari. Rumusan dalam penelitian ini adalah; Apakah hasil belajar dan aktivitas belajar siswa meningkat setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPS di kelas IX SMP Swasta Berdikari?. Subjek penelitian berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata nilai tes 70 dengan ketuntasan sebesar 55,88% dan pada siklus II rata-rata nilai tes 81,8 dengan ketuntasan 91,17%,. Aktivitas belajar IPS siswa pada Siklus I antara lain menulis dan membaca 42,2%, Mengerjakan LKS 25,9%, bertanya sesama teman 11,6%, bertanya kepada guru 15%, dan yang tidak relevan dengan KBM 5,3%. Pada Siklus II antara lain menulis dan membaca 22,5%, Mengerjakan LKS 47,5%, bertanya sesama teman 15,6%, bertanya kepada guru 10,6%, dan yang tidak relevan dengan KBM 3,8%.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i1.6298

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Emawati Emawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.