PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PKN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 BARUSJAHE

Lekton Sitepu

Abstract


Abstrak : Peningkatan Aktivitas Belajar Pkn Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write(TTW) Di Kelas VII-1 SMP Negeri 1Barusjahe. Penelitianbertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aktivitas belajar PKn siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Barusjahe dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).Subjek penelitian berjumlah 28 siswa.Data aktivitas siswa pada Siklus I antara lain membaca dan menulis (39%), Mengerjakan LKS (27%), bertanya sesama teman (17%), bertanya kepada guru (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (8%). Pada Siklus II, menulis dan membaca (23%), Mengerjakan LKS (38%), bertanya sesama teman (16%), bertanya kepada guru (5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%). Sehingga aktivitas siswa mengalami perbaikan dari Siklus I ke Siklus II.Nilai rata-rata pada siklus I adalah 73 dan siklus II adalah 86. Siswa tuntas pada siklus I adalah 17 siswa (57,14%) dan siklus II adalah 24 siswa (85,71%).

                                                                   

Kata Kunci :Model Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar, Aktivitas
Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i1.6305

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Lekton Sitepu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.