UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DALAM MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 058355 AMAN DAMAI
Abstract
Abstrak: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)Dalam Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas VI SD Negeri No.058355 Aman Damai.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatiftipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas VI SD Negeri No. 058355 Aman Damai saat pembelajaran diperoleh rata-rata aktivitas belajarsiswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II. 2) Hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menunjukkan pada Siklus I terdapat 22 siswa yang tuntas secara individu sedangkan kelas belum tuntas dan Siklus II terdapat 26 siswa yang tuntas secara individu dan mencapai ketuntasan kelas. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa secara individu dan kelas yang disebabkan karena siswa sudah termotivasi yang mengakibatkan siswa serius mengikuti pembelajaran.
Kata Kunci:Metode Pembelajaran Team Game Tournament, Hasil Belajar
Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i1.6309
Article Metrics
Abstract view : 123 timesPDF - 88 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Jahormat Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.