UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DALAM MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 058355 AMAN DAMAI

Jahormat Sihombing

Abstract


Abstrak: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)Dalam Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas VI SD Negeri No.058355 Aman Damai.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatiftipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas VI SD Negeri No. 058355 Aman Damai saat pembelajaran diperoleh rata-rata aktivitas belajarsiswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II. 2) Hasil belajar siswa setelah menerapkan  model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menunjukkan pada Siklus I terdapat 22 siswa yang tuntas secara individu sedangkan kelas belum tuntas dan Siklus II terdapat 26 siswa yang tuntas secara individu dan mencapai ketuntasan kelas. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa secara individu dan kelas yang disebabkan karena siswa sudah termotivasi yang mengakibatkan siswa serius mengikuti pembelajaran.

 

Kata Kunci:Metode Pembelajaran Team Game Tournament, Hasil Belajar
Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i1.6309

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jahormat Sihombing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.