PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN DALAM MATEMATIKA AWAL MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING

Tesya Cahyani Kusuma

Abstract


Abstrak : Peningkatan Kemampuan Pengukuran Dalam Matematika Awal Melalui Metode Discovery Learning. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pengukuran dalam matematika awal anak usia dini. Penelitian dilaksanakan dengan jumlah 15 orang anak. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 8 kali pertemuan. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pra siklus tercatat data tingkat kemampuan pengukuran dalam matematika awal sebesar 45,90%. Lalu meningkat menjadi 65,83% pada akhir siklus I dan terus meningkat menjadi 89,10% pada akhir siklus II.


Kata kunci : Kemampuan Matematika Awal, Metode Discovery Learning, Penelitian Tindakan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7322

Article Metrics

Abstract view : 524 times
PDF - 296 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Tesya Cahyani Kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.