PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD

Rizki Ananda

Abstract


Abstrak : Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. Tujuan penelitian untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Subjek dalam penelitian siswa kelas IV SDN 006 Bangkinang Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes awal yaitu 5,5 selanjutnya nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 6,4 dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 8,1.


Kata Kunci : Pendekatan Problem Solving, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7340

Article Metrics

Abstract view : 1927 times
PDF - 2493 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Rizki Ananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.