PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Ellys Simanjuntak

Abstract


Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Tujuan penelitian untuk melihat hasil belajar dan aktivitas belajar siswa saat bekerja dalam kelompok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament. Subjek penelitian kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gunung Meriah dengan jumlah siswa 23 orang. Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan secara individu tuntas sebanyak 12 orang siswa, dan 22 orang siswa. Dengan nilai rata-rata untuk formatif I dan formatif II adalah 70,4 dan 87,8. Peningkatan dan ketuntasan hasil belajar terjadi karena guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament.


Kata Kunci : Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7342

Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF - 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Ellys Simanjuntak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.