PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA IPS DI KELAS VII-5 SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN

Idawati Br. Ginting

Abstract


Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran TGT Dalam Meningkatkan Ketuntasan Siswa IPS Di Kelas VII-5 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Hasil penelitian terhadap 36 siswa menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar hanya 6 siswa (16.67%) pada observasi awal, setelah menggunakan model TGT mengalami kenaikan menjadi 12 siswa (33.33%) di pertengahan siklus I menjadi 23 siswa (63.89%) pada akhir siklus I. Pada akhir siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 36 siswa (86.11%) dengan nilai KKM adalah 70.


Kata Kunci : Ketuntasan Belajar, Team Games Tournament, Metode Pembelajaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7347

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Idawati Br. Ginting

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.