MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGOPERASIONALKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI KELAS I SD
Abstract
Abstrak : Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengoperasionalkan Penjumlahan Dan Pengurangan Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif Di Kelas I SD. Tujuan penelitian untuk meningkatkan minat belajar siswa yang bermuara pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif pada siswa kelas VI SD Negeri 224 Hutapadang. Hasil penelitian pada Siklus I rata-rata nilai tes 78 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 70% pada Siklus II rata-rata nilai tes 88 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 90%. Sedangkan aktivitas belajar siswa diperoleh data pada Siklus I antara lain menulis/membaca (33.75%), mengerjakan LKS (25.00%), bertanya sesama teman (16.25%), bertanya kepada guru (17.50%), dan yang tidak relevan dengan KBM (7.50%). Data aktivitas siswa rata-rata pada Siklus II antara lain menulis/membaca (23.75%), mengerjakan LKS (41.25%), bertanya sesama teman (18.75%), bertanya kepada guru (13.75%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2.50%).
Kata Kunci : Mengoprasionalkan, Model Pembelajaran Kolaboratif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i3.8840
Article Metrics
Abstract view : 142 timesPDF - 110 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Afrida Afrida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.